Pada voting Anda Pilih Sahamnya, Kami buat Analisanya yang kami lakukan pada minggu kemarin, saham AGRO terpilih menjadi salah satu saham yang mendapat suara paling banyak, hal ini tidaklah mengagetkan bagi kami karena memang saham ini sudah naik lebih dari 100% dalam 1 bulan terakhir. Setelahan saham-saham Bakrie Group dan beberapa saham lain kami suspen dari pemilihan, sejak awal kami sudah cukup yakin AGRO akan menjadi saham yang akan kami bahas, sejak dimulainya voting tersebut. Namun meskipun demikian jumlah suara yang diperoleh AGRO bisa dibilang tidak istimewa jumlah suara yang diapat saham ini hanya sekitar 8% dari total suara kesuluruhan, bahkan hampir tersalip oleh TRAM, dan PPRO yang menduduki peringkat 2 dan 3.
CIRI-CIRI SAHAM YANG BISA TERBANG SEPERTI AGRO
Dari sudut pandang Bandarmologi kenaikan saham seperti AGRO ini memang sesuatu yang sudah biasa terjadi, ini bukanlah kali pertama saham seperti ini naik signifikan dan juga bukan yang terakhir, bahkan hampir setiap bulan kami menemukan ada saham seperti ini yang naik sampai puluhan bahkan ratusan persen dalam waktu relatif singkat.
Bahkan dalam periode 5 bulan terakhir, periode yang sama dengan kenaikan AGRO ini kami menemukan ada satu saham lainnya yang bahkan naik lebih besar dari AGRO, saham tersebut adalah saham MFMI.
Tentu sebagian dari kita akan penasaran apa yang kami maksud dengan ‘SAHAM SEPERTI INI’, untuk menjawabnya kita harus melihat PETA KEPEMILIKAN SAHAM AGRO yang dirilis oleh KSEI sampai akhir Februari lalu.
Dalam grafik di atas kita bisa melihat bahwa 99% saham AGRO dimiliki oleh investor domestic, artinya saham ini jelas tidak dikendalikan oleh investor asing. Point kedua yang kita bisa lihat adalah saham ini hanya dimiliki oleh ‘3 Kategori Pemilik Saham’ , yang pertama adalah KATEGORI CORPORATE (warna merah tua) yang dalam saham ini pastinya adalah BANK BRI sendiri yang merupakan induk perusahaan ini dengan persentasi kepemilikan sebesar 89%, yang kedua adalah DANA PENSIUN (warna kuning) dengan kepemilikan 6.1% dan sisanya dimiliki oleh INVESTOR PERORANGAN DEOMESTIC (Ritel) dengan persentasi kepemilikan sebesar 3.6%. Kategori lainnya seperti Reksadana, Asuransi, Sekuritas dll bisa dibilang tidak memiliki saham ini, dan terlihat tidak berminat untuk melakukan pembelian, meskipun harga sahamnya sudah bergerak naik sangat signifikan.
Komposisi kepemilikan seperti di atas sangat mirip dengan komposisi kepemilikan saham MFMI yang disebut di atas dimana pada saham tersebut 98% sahamnya dimiliki oleh katogeri CORPORATE (66% LOKAL dan 32 ASING) dan hanya 1.2%nya dimiliki oleh ritel seperti kita.
Artinya kedua saham tersebut hampir dikuasai sepenuhnya oleh segelintir orang saja, dan secara logika sederhana barang apapun yang hanya dikuasai segelintir orang saja harganya pasti akan dengan sangat mudah untuk digerakan, sesuai dengan keinginan orang-orang tersebut. Itu sebabnya saham-saham yang masuk kategori seperti ini memang sangat naik sangat signifikan harganya, tanpa banyak menarik perhatian publik.
Namun tentunya kita juga menyadari ada perbedaan yang sangat signifikan antara pergerakan MFMI dan AGRO yaitu popularitas sahamnya, ketika AGRO banyak menjadi pembahasan di berbagai forum saham, MFMI tidak pernah disebutkan sama sekali, meskipun kenaikan harga di saham ini sudah lebih besar daripada AGRO dalam periode yang sama.
Dan justru itulah yang membuat saham AGRO menjadi menarik, karena pada umumnya kenaikan saham-saham seperti AGRO dan MFMI bukanlah kenaikan saham yang disadari oleh para investor ritel pada umumnya. Namun hal yang terjadi di saham AGRO jelas berbada, di sisi lain Ilmu Bandarmologi juga mengatakan bahwa saham yang banyak diperhatikan investor ritel justru cenderung turun harganya.
Jadi itulah pertanyaan terbesar yang ada di saham AGRO, kalau memang hanya segelintir orang saja yang memiliki saham AGRO ini, kenapa kenaikan harganya harus di publish ke banyak pihak ? Karena dari sudut pandang Bandarmologi yang tahu, semakin banyak orang yang tahu, berarti semakin banyak pula ‘pencopet’ atau orang ritel yang akan mengambil kesempatan untuk menunggangi pergerakan harga tersebut. Jadi sebenarnya jika kedua pihak pemilik saham AGRO memang ingin mengerek saham ini, kenaikan harga bisa dilakukan secara diam-diam seperti yang terjadi di MFMI, sehingga hanya pihak-pihak tertentu saja yang menyadari kenaikan harganya dan mengambil kesempatan untuk menunggangi pergerakan harganya.
Pertanyaan besarnya adalah kenapa? Kenapa BANDAR yang men-DRIVE pergerakan saham AGRO saat ini memilih untuk mempublikasikan kenaikan harganya ? Well karena aksi BANDAR di saham ini masih berlangsung saat ini, sangat tidak etis untuk kami menjelaskan alasan di balik mendadak popularernya saham ini. Apalagi karena saham ini sampai sekarang masih terus naik, kenapa kita harus menggangu pergerakan BANDARnya yang justru dapat membuat harga saham ini bergejolak, dan malah merugikan investor ritel.
Namun supaya lebih seru, kami akan memberikan kesempatan untuk para pembaca sekalian menebak alasan di balik popularitas saham ini. Anda bisa memasukan jawabannya pada FORM di BAWAH, kami akan mempublish 10 jawaban yang paling baik, dalam beberapa waktu kedepan ?
Dan 3 pembaca dengan jawaban terbaik akan kami berikan kesempatan untuk mengikuti WORKSHOP BANDARMOLOGI secara FREE dimana anda bisa belajar dengan mendalam mengenai Ilmu Bandarmologi selama 2 hari, dan tips-tips bagaimana mengikuti pergerakan Bandar, dan tentunya mendapatkan jawaban dari alasan di balik kenaikan dan popularitas saham AGRO saat ini.
Berikut ini clue yang bisa kami berikan untuk membantu menemukan jawaban yang tepat:
- Persentasi kepemilikan investor domestic ritel seperti terlihat pada grafik di atas, tidak mengalami peningkatan yang sejak awal pergerakan saham ini sampai akhir Februari lalu.
- Partisipasi broker ritel sejak kenaikan luar biasa saham ini tanggal 18 Febriari lalu adalah 29.5% dari transaksi keseluruhan, namun secara total broker ritel justru melakukan penjualan di saham ini sebesar -12.5% dan broker ritel terbesar YP menjadi TOP SELLER pada periode tersebut.
Silahkan masukan jawaban anda pada form di bawah, selain memilih jawaban terbaik, kami juga akan memberikan materi khusus mengenai analisa pergerakan saham AGRO kedepan dari sudut pandang Bandarmologi, yang akan hanya akan kami kirimkan melalui email untuk 50 penjawab beruntung, permilihan penjawab beruntung akan kami undi pada hari Rabu ini.
Jika Form dibawah tidak muncul, anda bisa memasukan jawaban anda disini.
Website Administrator
Creative Trading System | Creative Idea in Stock Market
1 comment
Bandar pada dasarnya jg ingin melakukan profit taking begitu target atau ketinggian yang aman tercapai.. jika tidak ada partisipasi retail di dalam saham tsb, bandar tidak bisa melakukan distribusi.. Makanya dibuat promosi untuk menarik retail masuk saham ini.. Awalnya mgkn bandar akan menarik saham ini ke atas sambil melakukan distribusi, tp nanti akan ada quick sell dimana harga akan turun tajam dan biasanya retail pada cutloss di level ini kemudian harga diangkat dgn cepat kembali untuk memancing kembali retail masuk.. 2 atau 3x dipermainkan begini, biasa retail akan terjebak.. Sekalinya saham turun dalam, biasa mereka akan menampung dan menambah posisi jika nyangkut sehingga bandar bisa melanjutkan distribusinya..